Minggu, 21 Juni 2015

Mengetik menggunakan kesepuluh jari memang masih jarang dilakukan oleh sebagian orang saat ini. Tapi untuk beberapa keperluan, mengetik dengan sepuluh jari sangat dibutuhkan, misalnya untuk pelajar saat ini yang diharuskan mengetik tugas yang sangat panjang dari guru mereka, para penulis yang harus mengetik dengan cepat, atau para pekerja yang pekerjaannya berhubungan dengan komputer. Dengan mengetik menggunakan 10 jari, maka pekerjaan merekapun akan lebih mudah dan cepat selesai. Tapi, bagaimana cara untuk memulai mengetik menggunakan 10 jari? Sebenarnya ada banyak sekali, entah itu dengan cara bantuan software, guru, atau dengan cara manual, yaitu dengan cara menghafal setiap tombol yang ada di keyboard satu-persatu. Disini saya akan coba memberikan tips dan cara belajar bagi anda yang ingin memulai belajar mengetik 10 jari atau yang sudah memulainya berdasarkan pengalaman saya belajar mengetik 10 jari, semoga saja bisa diterapkan dan bisa meningkatkan kecepatan mengetik anda.

Pahami posisi awal jari anda pada keyboard

Pertama, pahami posisi awal jari anda pada keyboard. Berikut adalah gambar penempatan awal jari pada keyboard.
Mengetik dengan menggunakan 10 jari bisa dianggap mengetik tanpa melihat keyboard, jadi posisi awal jari pada keyboard sangat dibutuhkan. Saya juga ada satu tips untuk memudahkan meletakkan jari anda pada keyboard tanpa melihat keyboard. Perhatikan keyboard anda, pada huruf F dan J, di bagian bawah huruf tersebut, masing-masing ada sebuah tonjolan, dan karena huruf F dan J adalah huruf tempat jari telunjuk ditempatkan, jadi kita tinggal meraba disekitar keyboard dengan jari telunjuk untuk mendapatkan 2 tonjolan tersebut dan meletakkan jari telunjuk kita disana, sedangkan untuk jari lain bisa mengikuti seperti pada gambar diatas.

Pelajari mengetik menggunakan posisi awal jari pada keyboard

Setelah memahami dimana posisi awal jari anda pada keyboard, sekarang saatnya untuk mulai belajar mengetik, tetapi alangkah baiknya untuk pemula jika memulainya dengan posisi awal jari pada keyboard. Untuk memulainya, akan lebih mudah menggunakan software bantuan, untuk kali ini kita akan menggunakan bantuan software TIPP10 yang dapat di download disini https://www.tipp10.com/en/download/ setelah itu install dan buka aplikasinya, dan akan muncul tampilan seperti berikut, dan klik pada launch TIPP 10
Kemudian pada tampilan utama, pilih pada training lesson, Lesson 1(karena kita baru akan belajar mengetik dari posisi awal jari pada keyboard), kemudian pada Time limit saya sarankan paling cepat dahulu, yaitu 2 menit, dan pastikan checkbox pada bagian Assistance tercentang semua, karena ini akan memudahkan bagi pemula yang baru saja belajar, sedangkan pada bagian Response to typing errors, saya sarankan jangan centang pada bagian Correction with backspace, karena akan cukup mempersulit bagi yang baru saja belajar mengetik 10 jari.
Kemudian klik Start Training pada bagian kanan bawah letakkan jari anda pada posisi awal pada keyboard, dan tekan Space(spasi) untuk memulai. Pastikan bahwa anda tidak melihat ke arah keyboard, tapi ke arah monitor, dan cobalah untuk mengetik huruf yang tertera pada software tersebut sebisa mungkin, dengan hanya melihat ke arah monitor
lakukan hal ini sampai cukup mahir

Pahami posisi jari pada keyboard untuk menekan tombol lain

Setelah paham dan mulai bisa mengetik menggunakan posisi awal jari pada keyboard, sekarang saatnya untuk memahami bagaimana posisi jari yang digunakan untuk menekan tombol lain pada keyboard. Berikut merupakan gambar penempatan standar posisi jari anda untuk menekan tombol pada keyboard.

Jangan terlalu bergantung pada standar posisi jari

Diatas adalah gambar standar penempatan jari anda pada keyboard untuk menekan tombol, tapi satu catatan dari saya, janganlah terlalu bergantung dengan standar di atas, misalkan dari pengalaman saya sendiri, untuk menekan angka 1, pada gambar di atas digunakan jari kelingking pada tangan kiri, sedangkan saya sampai saat ini menekan angka 1 menggunakan jari manis tangan kiri karena lebih nyaman menurut saya. Jadi janganlah bergantung pada standar, tetapi bergantung lah pada diri kalian sendiri, cobalah untuk mencari mana jari yang lebih nyaman untuk menekan tombol pada keyboard, tetapi janganlah terlalu jauh dari standar di atas, karena mungkin malah akan mempersulit dalam mengetik.

Pelajari mengetik menggunakan 10 jari

Sekarang saatnya untuk memulai belajar mengetik menggunakan 10 jari anda tanpa melihat keyboard. Kita akan menggunakan sofware TIPP 10 lagi untuk mempermudah kita dalam belajar mengetik 10 jari. Tetapi saya sarankan untuk menggunakan software ini, cukup sampai Lesson 5(hc), untuk selanjutnya kita akan beralih menggunakan software Rapid Typing 5 yang bisa di download disini http://www.rapidtyping.com/downloads.html 


Gambar diatas adalah tampilan software Rapid Typing 5 untuk lesson 1, anda bisa mempelajari cara mengetik menggunakan 10 jari anda dengan software ini, di dalam software ini juga ada beberapa tingkatan yang bisa sekaligus meningkatkan kemampuan mengetik.

Latih kemampuan mengetik terus-menerus

Lakukan latihan dengan software diatas. Jika mungkin anda sudah menyelesaikan semua latihan pada software tersebut, dan ingin kemampuan mengetik lebih terasah, maka latihan adalah jalanya, anda bisa mengunjungi http://10fastfingers.com/typing-test/indonesian untuk mengasah kemampuan mengetik anda, disana hasil kecepatan mengetik anda akan langsung terlihat, seberapa cepat anda mengetik juga ada pengguna lain yang bisa anda bandingkan kemampuannya dengan anda jadi anda juga bisa lebih termotivasi untuk belajar mengetik dengan lebih cepat. Atau anda juga bisa mencari dokumen atau buku yang memiliki artikel panjang untuk anda ketik.
Anda bisa berlatih di situs 10fastfinger seperti di atas sampai kemampuan anda meningkat. Dengan mengetik 10 jari akan ada banyak manfaat yang anda dapatkan, salah satunya pekerjaan anda akan lebih mudah dan cepat selesai. Semoga saja artikel ini dapat mempermudah anda dalam berlatih mengetik dengan teknik 10 jari dan kemampuan mengetik anda meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan sopan. Dilarang berkomentar yang mengandung spam, SARA, pornografi, judi, dll